Selasa, 02 Desember 2014

WWF Terbitkan Panduan Praktik Perikanan Berkelanjutan

WWF menerbitkan Panduan Praktik Perikanan Berkelanjutan atau Fisheries Better Management Practices (BMP Perikanan Berkelanjutan). Panduan Praktik Perikanan Berkelanjutan (BMP) ini berisikan rekomendasi-rekomendasi yang mudah diaplikasikan kelompok pelaku perikanan, yaitu para nelayan, petambak dan pengusaha perikanan. Berbeda dengan panduan-panduan lainnya, Fisheries Better Management Practices (BMP Perikanan Berkelanjutan) terbitan WWF lebih menekankan pada aspek sustainability hingga di level operasional. Pada intinya, Panduan Praktik Perikanan Berkelanjutan atau Fisheries Better Management Practices (BMP Perikanan Berkelanjutan) dapat menjadi panduan proses penangkapan ikan yang tidak hanya memperhatikan kualitas produk tetapi juga menerapkan praktik penangkapan yang ramah lingkungan. Diharapkan dengan itu, ketersediaan sumber daya ikan dalam jangka panjang akan lebih terjamin sekaligus meningkatkan kesejahteraan nelayan dan masyarakat pesisir di sekitarnya.

BMP – Panduan Penanganan Penyu sebagai Hasil Tangkapan Sampingan (Bycatch)

Salah satu isi dalam BMP – Panduan Penanganan Penyu sebagai Hasil Tangkapan Sampingan (Bycatch) Panduan Praktik Perikanan Berkelanjutan atau Fisheries Better Management Practices (BMP Perikanan Berkelanjutan) ini diterbitkan dalam 10 seri, yang meliput :


  • BMP – Panduan Penanganan Penyu sebagai Hasil Tangkapan Sampingan (Bycatch)
  • BMP – Panduan Pengoperasian Tuna Longline Ramah Lingkungan
  • BMP – Perikanan Tuna
  • BMP – Perikanan Kerapu dan Kakap
  • BMP – Guidline for Tilapia Aquaculture
  • BMP – Panduan Budidaya Ikan Nila
  • BMP – Budidaya Udang Windu, Tanpa Pakan Tanpa Aerasi
  • BMP – Budidaya Udang Windu, dengan Pakan Tanpa Aerasi
  • BMP – Budidaya Ikan Kerapu
  • BMP – Mencegah dan Mengatasi Penyakit Udang Windu
BMP – Perikanan Tuna


Salah satu isi dalam BMP Perikanan Berkelanjutan – Perikanan Tuna Versi digital Panduan Praktik Perikanan Berkelanjutan (Fisheries Better Management Practices) tersebut dapat diunduh di situs WWF Indonesia. Kesepuluh panduan (dalam versi PDF) itu dikumpulkan di halaman Better Management Practices WWF. Semoga langkah nyata WWF Indonesia dalam menerbitkan Panduan Praktik Perikanan Berkelanjutan (Fisheries Better Management Practices) mampu menjadi angin segar bagi pelaku perikanan di Indonesia untuk tetap beroperasi tanpa merugikan lingkungan hidup.




    Referensi:
    http://www.wwf.or.id/?24961/WWF-Indonesia-terbitkan-panduan-perikanan-untuk wujudkan-
                   perikanan-nasional-berkelanjutan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar